Obrol tanya jawab
Klik Menjadi Anggota
Anda Pengunjung ke :
Artikel Populer
-
Borobudur, A UNESCO World Heritage Site, view from the northwest Kemegahan Candi Borobudur ( satellite view coordinate 7°36’28″S 110°12’...
-
Penulis : M Arief Pranoto, Research Associate Global Future Institute (GFI) Agaknya Politik Minyak Sejagat yang diterapkan Amerika Serikat...
-
Doa berikut ini biasanya dibaca pada saat kita sedang menghadapi masalah dan harus segera mencari penyelesaian / mengambil keputusan. Bacaan...
-
Manusia Jawa Purba Pernah Mendiami Eropa Hanover, Jerman – Pecahan tulang tengkorak yang ditemukan di sebuah tambang Jerman ternyata berasal...
-
ENGLISH Berburu Piramida Nusantara Sekelompok orang menelisik peradaban tinggi masa silam. Ada bukit menyimpan piramida? Type of research ...
-
19:16 abarky No comments TRIBUNKALTENG .COM , MUARATEWEH - Tim dari TNI-AD pada April mendatang akan menggelar ekspedisi yang ...
-
1.Hadiah Fatihah kepada Kanjeng Rasulullah SAW Ila hadrotin nabiyyil mustofa sayidina wa maulana Muhammadin,... Al Fatihah 1x. 2. Hadiah Fat...
-
wallstreetjournal.com INILAH.COM, Jakarta - Sepanjang krisis keuangan, banyak perekonomian negara telah menambah pinjaman asing pemerintah u...
-
Sosok Hantu Terekam Kamera Ponsel di Subang Subang – Sebuah foto penampakan sosok hantu perempuan yang berbadan tinggi besar menggemparkan m...
-
Misteri Temuan Samudera Raksasa Di Bawah Benua Asia Peneliti menemukan samudera raksasa di bawah perut bumi Asia bagian timur. Mengapa diseb...
Blog Archive
-
▼
2011
(270)
-
▼
September
(125)
- TELEVISI BERBAYAR TIDAK HARUS MAHAL
- JADIKAN BLOG SEBAGAI 'TAMBANG' UANG
- Kapal Perang TNI AL Akan Ditambah Lagi
- UPDATE : IRAN MENGIRIM ARMADA KAPAL PERANGNYA KE P...
- PT DI Persiapkan Produksi dan Pemasaran Pesawat Am...
- Inilah Negara Pengutang Terbesar Dunia
- Inilah Negara Terkaya Dunia Saat Ini
- Pertanyaan Sederhana yang Mungkin Sulit Dijawab
- Hutan Kalimantan untuk Tebus Utang RI ke AS
- Utopia, Proyek Kota Terapung Masa Depan
- Lagi, Rongsokan Satelit Akan Hantam Bumi
- Pesawat Canggih Ini Mampu Terbang Tanpa Henti
- Profile Bandung Techno Park di IT Telkom
- Cara Membuat Background FlashDisk
- Syekh Haji Abdul Muhyi
- TENAGA METAFISIKA (AURA)
- MENGUNGKAP SIAPA SEBENARNYA IBU RATU KIDUL : MANUS...
- Ahli Syukur
- Islam Masuk ke Garut Sejak Abad 1 Hijriah
- Ciri-ciri Orang yang Ikhlas
- "Rencana Tuhan Indah Pada Waktunya"
- Kisah Penjual Tempe dan Doanya
- Menyikapi Peristiwa
- Membakar Fighting Spirit (semangat berjuang) Anda
- Bangkit Dari Keterpurukan
- Jadilah Magnet Atas Suksesmu
- Motivasi Diri Dengan Hati
- Dimanakah Makam Prabu Kian Santang?
- Foto-foto Lucu, Unik, Aneh & Gokil Di Dunia Militer
- 10 LANGKAH CERAHKAN HIDUP DENGAN MENCINTAI DIRI SE...
- 5 Pemain Muda Indonesia yang Bermain di Liga Eropa...
- 10 Lokasi Harta Karun Paling Menakjubkan & Misterius
- Cerita Misteri Keangkeran Jalan Tol Cipularang
- Kisah Mistis Tol Cipularang Tempat Kecelakaan Saif...
- 13 Mitos Mengemudi di Jalan Tol
- Cerita Seram Gulung Keloso
- Kunjungan ke Villa Seram di Daerah Bogor
- Kisah-kisah Seram seputar Kampus UI
- FOTO: Digitalisasi Manuskrip Kuno Yahudi
- Sinyal pesawat diterima LUT atau Locater User Term...
- Kumpulan Pantai-Pantai Terindah di Indonesia
- EMPAT PESAWAT INTAI NIRAWAK TNI-AU PERKUAT LANUD S...
- TINGKATKAN PERSENJATAAN TNI, KEMHAN MEMBUAT BEBERA...
- TANPA PERJANJIAN DCA INDONESIA BISA PULANGKAN KORU...
- IRAN BERENCANA KIRIM KAPAL PERANG DEKAT PERAIRAN T...
- Russia to deploy 2nd Yars ballistic missile regime...
- Indonesia-Thailand sepakat tingkatkan kerja sama m...
- Produksi Massal Rudal Cruise Baru Iran Membuat Med...
- Paskhas dan Paskau Gagalkan Pembajakan Pesawat
- Iran Berencana Bangun Kapal Induk
- RUSIA LAKUKAN KERJA SAMA DENGAN PINDAD
- Iran Berencana Bangun Kapal Induk
- RI SIAP TERIMA ALIH TEKNOLOGI ALUTSISTA
- TELKOM SIAPKAN STRATEGI GARAP GAME ONLINE
- MENKOMINFO: GOOGLE SERIUS INVESTASI DI INDONESIA
- BEGINI CARA PETANI JOMBANG AKALI SAWAH AGAR PANEN ...
- SATELIT TELKOM-3 DILUNCURKAN TRIWULAN I 2012
- TELKOM MULAI BANGUN SERAT OPTIK RING VI
- STASIUN PELUNCUR SATELIT LAPAN TIDAK GANGGU CAGAR ...
- JEMBATAN SELAT SUNDA DIBANGUN 10 TAHUN
- Penjualan Batik Tembus Rp1 Triliun
- 10 Negara Dengan Masalah Pengangguran (I)
- Kekuatan Canting Hempaskan Batik China
- Okto Resmi Gabung Persiram Raja Ampat
- 29-9-1960: Pemimpin Soviet Mengamuk di PBB
- AS Selidiki Pelanggaran Apple atas Hak Paten
- Nokia Mulai Pasarkan Ponsel Terbaru N9
- Ini Sejarah Panjang Emoticon
- IM2 Hadirkan Layanan Broadband untuk UKM
- Tips dan Trik Windows 7 lengkap
- Perintah Windows Menggunakan Kombinasi Tombol Pada...
- Kombinasi Tombol Pada Microsoft Word
- Aksa Mahmud Tarik Investasi dari Jordania ke Indon...
- Freeport Tolak Renegosiasi Kontrak dengan Pemerint...
- Bagi Taiwan, Indonesia Adalah Investasi Terbesar ke-3
- Irak Borong Belasan Pesawat F-16
- Topan Nesat Mengancam, Filipina Siapkan Evakuasi
- Israel Punya Senjata Nuklir, Kenapa Barat Diam?
- Fidel Castro Dukung Perjuangan Bangsa Palestina
- Pemilu Senat, Awal Kekalahan Sarkozy
- PBB Kaji Permohonan Mahmoud Abbas
- Tiongkok Tegur Menlu Clinton
- Bakutembak di Kashmir Tewaskan 6 Orang
- Palestina Lancarkan Gerakan Boikot Produk Israel
- Tangkap Dick Cheney, Seru Demonstran di Kanada!
- Gara-Gara Mati Lampu, Menteri Korsel Mundur
- Rezim Teroris, Suriah Tuntut PBB Hukum Israel
- Menuju Republik Baru
- PLO Ancam Sikap AS dan Mendesak Dunia Untuk Akui N...
- Ekonom UGM: Bank Nasional Tak Becus Urus Eksportir
- Dunia Mendukung Palestina Merdeka
- Israel Kembali Bangun Pemukiman, Barat Marah
- Apa Peran Sat-81, Denjaka & Denbravo TNI Melawan T...
- Intelijen Harus Kuat, Tapi Tak Boleh Main Culik Lagi
- Iran Akan Kirim Kapal Perang ke Perairan AS
- Survei: Konsumen Pilih TV 3D Ketimbang HDTV
- Separuh Pengguna Smartphone Gunakan Android
- Singapura, Negara Konsumen Facebook Terbesar
- NASA Siapkan Taksi Luar Angkasa
- Akhir Tahun, Telkom Bangun Serat Optick Manado-Papua
-
▼
September
(125)
Diberdayakan oleh Blogger.
Label
- Berita Dalam Negeri (35)
- BERITA ISLAM (13)
- Berita Mancanegara (43)
- Bisnis (13)
- Download (1)
- Horor (8)
- INFORMASI SEPUTAR BULAN RAMADHAN (21)
- KUMPULAN DOA-DOA (20)
- Lucu - Lucu dan Unik (19)
- militer dunia (40)
- MOTIVASI (19)
- Olah Raga (6)
- Pendidikan (1)
- Pengetahuan (42)
- ROHANI (1)
- Sains Teknologi (59)
- sejarah (18)
- SEJARAH ISLAM (6)
- SMS IDUL FITRI atau LEBARAN 1432 M 2011 (10)
- TAUSHIYAH / CERAMAH (13)
- Tips n Trik (7)
- Universitas (2)
- Wisata (5)
Blog Archive
-
▼
2011
(270)
-
▼
September
(125)
- TELEVISI BERBAYAR TIDAK HARUS MAHAL
- JADIKAN BLOG SEBAGAI 'TAMBANG' UANG
- Kapal Perang TNI AL Akan Ditambah Lagi
- UPDATE : IRAN MENGIRIM ARMADA KAPAL PERANGNYA KE P...
- PT DI Persiapkan Produksi dan Pemasaran Pesawat Am...
- Inilah Negara Pengutang Terbesar Dunia
- Inilah Negara Terkaya Dunia Saat Ini
- Pertanyaan Sederhana yang Mungkin Sulit Dijawab
- Hutan Kalimantan untuk Tebus Utang RI ke AS
- Utopia, Proyek Kota Terapung Masa Depan
- Lagi, Rongsokan Satelit Akan Hantam Bumi
- Pesawat Canggih Ini Mampu Terbang Tanpa Henti
- Profile Bandung Techno Park di IT Telkom
- Cara Membuat Background FlashDisk
- Syekh Haji Abdul Muhyi
- TENAGA METAFISIKA (AURA)
- MENGUNGKAP SIAPA SEBENARNYA IBU RATU KIDUL : MANUS...
- Ahli Syukur
- Islam Masuk ke Garut Sejak Abad 1 Hijriah
- Ciri-ciri Orang yang Ikhlas
- "Rencana Tuhan Indah Pada Waktunya"
- Kisah Penjual Tempe dan Doanya
- Menyikapi Peristiwa
- Membakar Fighting Spirit (semangat berjuang) Anda
- Bangkit Dari Keterpurukan
- Jadilah Magnet Atas Suksesmu
- Motivasi Diri Dengan Hati
- Dimanakah Makam Prabu Kian Santang?
- Foto-foto Lucu, Unik, Aneh & Gokil Di Dunia Militer
- 10 LANGKAH CERAHKAN HIDUP DENGAN MENCINTAI DIRI SE...
- 5 Pemain Muda Indonesia yang Bermain di Liga Eropa...
- 10 Lokasi Harta Karun Paling Menakjubkan & Misterius
- Cerita Misteri Keangkeran Jalan Tol Cipularang
- Kisah Mistis Tol Cipularang Tempat Kecelakaan Saif...
- 13 Mitos Mengemudi di Jalan Tol
- Cerita Seram Gulung Keloso
- Kunjungan ke Villa Seram di Daerah Bogor
- Kisah-kisah Seram seputar Kampus UI
- FOTO: Digitalisasi Manuskrip Kuno Yahudi
- Sinyal pesawat diterima LUT atau Locater User Term...
- Kumpulan Pantai-Pantai Terindah di Indonesia
- EMPAT PESAWAT INTAI NIRAWAK TNI-AU PERKUAT LANUD S...
- TINGKATKAN PERSENJATAAN TNI, KEMHAN MEMBUAT BEBERA...
- TANPA PERJANJIAN DCA INDONESIA BISA PULANGKAN KORU...
- IRAN BERENCANA KIRIM KAPAL PERANG DEKAT PERAIRAN T...
- Russia to deploy 2nd Yars ballistic missile regime...
- Indonesia-Thailand sepakat tingkatkan kerja sama m...
- Produksi Massal Rudal Cruise Baru Iran Membuat Med...
- Paskhas dan Paskau Gagalkan Pembajakan Pesawat
- Iran Berencana Bangun Kapal Induk
- RUSIA LAKUKAN KERJA SAMA DENGAN PINDAD
- Iran Berencana Bangun Kapal Induk
- RI SIAP TERIMA ALIH TEKNOLOGI ALUTSISTA
- TELKOM SIAPKAN STRATEGI GARAP GAME ONLINE
- MENKOMINFO: GOOGLE SERIUS INVESTASI DI INDONESIA
- BEGINI CARA PETANI JOMBANG AKALI SAWAH AGAR PANEN ...
- SATELIT TELKOM-3 DILUNCURKAN TRIWULAN I 2012
- TELKOM MULAI BANGUN SERAT OPTIK RING VI
- STASIUN PELUNCUR SATELIT LAPAN TIDAK GANGGU CAGAR ...
- JEMBATAN SELAT SUNDA DIBANGUN 10 TAHUN
- Penjualan Batik Tembus Rp1 Triliun
- 10 Negara Dengan Masalah Pengangguran (I)
- Kekuatan Canting Hempaskan Batik China
- Okto Resmi Gabung Persiram Raja Ampat
- 29-9-1960: Pemimpin Soviet Mengamuk di PBB
- AS Selidiki Pelanggaran Apple atas Hak Paten
- Nokia Mulai Pasarkan Ponsel Terbaru N9
- Ini Sejarah Panjang Emoticon
- IM2 Hadirkan Layanan Broadband untuk UKM
- Tips dan Trik Windows 7 lengkap
- Perintah Windows Menggunakan Kombinasi Tombol Pada...
- Kombinasi Tombol Pada Microsoft Word
- Aksa Mahmud Tarik Investasi dari Jordania ke Indon...
- Freeport Tolak Renegosiasi Kontrak dengan Pemerint...
- Bagi Taiwan, Indonesia Adalah Investasi Terbesar ke-3
- Irak Borong Belasan Pesawat F-16
- Topan Nesat Mengancam, Filipina Siapkan Evakuasi
- Israel Punya Senjata Nuklir, Kenapa Barat Diam?
- Fidel Castro Dukung Perjuangan Bangsa Palestina
- Pemilu Senat, Awal Kekalahan Sarkozy
- PBB Kaji Permohonan Mahmoud Abbas
- Tiongkok Tegur Menlu Clinton
- Bakutembak di Kashmir Tewaskan 6 Orang
- Palestina Lancarkan Gerakan Boikot Produk Israel
- Tangkap Dick Cheney, Seru Demonstran di Kanada!
- Gara-Gara Mati Lampu, Menteri Korsel Mundur
- Rezim Teroris, Suriah Tuntut PBB Hukum Israel
- Menuju Republik Baru
- PLO Ancam Sikap AS dan Mendesak Dunia Untuk Akui N...
- Ekonom UGM: Bank Nasional Tak Becus Urus Eksportir
- Dunia Mendukung Palestina Merdeka
- Israel Kembali Bangun Pemukiman, Barat Marah
- Apa Peran Sat-81, Denjaka & Denbravo TNI Melawan T...
- Intelijen Harus Kuat, Tapi Tak Boleh Main Culik Lagi
- Iran Akan Kirim Kapal Perang ke Perairan AS
- Survei: Konsumen Pilih TV 3D Ketimbang HDTV
- Separuh Pengguna Smartphone Gunakan Android
- Singapura, Negara Konsumen Facebook Terbesar
- NASA Siapkan Taksi Luar Angkasa
- Akhir Tahun, Telkom Bangun Serat Optick Manado-Papua
-
▼
September
(125)
Recent Coment
Feedjit
TITTLE PAVICON
Mengenai Saya
- Khamiel Roesdi Princealways Exellent
- Live is the maximum in all that they.♂♀♂
13 Mitos Mengemudi di Jalan Tol
Main. Mendengar berita tentang 2 kecelakaan beruntun di Tol Cipularang yang merenggut 6 nyawa manusia membuat hati terasa sakit. Apalagi kejadian ini ditanggapi dengan tidak logis. Selama ini terlalu banyak hal simpang siur yang kita percayai turun temurun begitu saja tanpa mengecek kebenarannya. Hasilnya? Kita lebih mempercayai mitos daripada fakta, bahkan kita sudah tidak bisa membedakan lagi mana mitos dan mana fakta.
Sebagai seorang trainer, tentunya saya harus menyampaikan sesuatu berdasarkan fakta. Dan kali ini, mengacu pada materi keselamatan berkendara dari Jakarta Defensive Driving Clinic (JDDC), saya akan membantu meluruskan mitos-mitos tersebut. JDDC sendiri adalah operator pelatihan keselamatan berkendara pertama dan satu-satunya di Indonesia. Berbekal itu, Alhamdulillah sampai saat ini saya sering pulang-pergi ke Bandung dengan tetap sehat wal afiat.
Berikut mitos-mitos terkait mengemudi di jalan tol disertai fakta yang akan meluruskannya:
Di jalan tol Cipularang terdapat banyak rintangan, diantaranya: tikungan, tanjakan dan turunan dengan derajat ketajaman bervariasi hingga tingkat ekstrim, lintasan melengkung yang kadang tergenang air dan dorongan angin samping saat tiba di celah-celah bukit.
Semakin tinggi bentuk kendaraan maka semakin tidak stabil saat kecepatan tinggi. Semakin besar bentuk kendaraan akan mempengaruhi momentum inersia kendaraan tersebut, sehingga jarak pengereman pun semakin panjang! Haluan/ Radius putarnya pun semakin besar. Berat kendaraan juga mempengaruhi gaya melebar/ menyamping saat menikung.
Jarak pengereman ditentukan beberapa faktor, yaitu: kondisi fisik dan perilaku pengemudi, kondisi, bobot dan kecepatan kendaraan, kondisi lintasan dan cuaca.
Over pressure tidak membuat ban mudah pecah namun mempengaruhi kemampuan traksi ban terhadap permukaan jalan. Pressure yang kurang dari rekomendasi pabrik juga dapat membuat bahan pada side wall/ dinding ban mengalami keletihan/ fatigue berat akibat terlalu intensnya elasitas ban menerima beban.
Kecepatan tinggi saat lintasan menurun beresiko tinggi kecelakaan! Terjadi perubahan inti gravitasi dan distribusi bobot, handling kendaraan menjadi sangat sensitif. Saat kendaraan bergerak tidak sesuai keinginan pengemudi, respons terlalu spontan tanpa sempat berpikir menggunakan logika. Inilah awal petaka!
Resiko kecelakaan justru lebih massif dan dahsyat! Pengemudi cenderung mengebut dengan kecepatan tinggi, sehingga momentum yang dihasilkan jauh lebih besar dan sulit dikendalikan.
Secara umum, jalan tol itu lebar, lancar, cepat dan monoton dengan resiko kecelakaan tinggi sehingga justru memerlukan konsentrasi lebih tinggi. Kenapa? Karena situasi tersebut membuat fisik cepat letih, kewaspadaan menurun dan adrenalin tinggi untuk memacu kendaraan semakin cepat dan cepat.
Setiap pergerakan kendaraan akan menimbulkan momentum dan gaya sentrifugal! Semakin cepat maka semakin besar momentum dan gaya sentrifugalnya, sehingga mengurangi kestabilan kendaraan dan menjadi liar (selip, understeer, oversteer, dll)
Menghadapi masalah (selip, pecah ban, menghindari kendaraan lain) harus diawali proses analisa logika diikuti keputusan dan tindakan yang cepat dan tepat. Pengereman bukan selalu solusi, bila dilakukan di saat dan tempat yang keliru akan menimbulkan masalah baru.
Prinsipnya, ketika kendaraan melaju dengan kencang, kestabilannya berkurang, cenderung sensitif, sulit dikendalikan. Kurangi kecepatan sejak lintasan lurus/ sebelum mengubah arah kemudi, buat lintasan menikung selebar mungkin (tight in tight out), jangan melambat saat di tikungan dan pertahankan kecepatannya.
Keletihan berat (Automatic Behavior Syndrom) diakibatkan antaranya oleh akumulasi kurang tidur, bekerja berlebihan dan sakit. Pada kondisi ini, kemampuan interpretasi akan menurun, logika memburuk dan kontrol tubuh berkurang. Cara-cara tersebut diatas takkan membantu banyak. Apalagi bila minum kopi dan minuman berenergi karena justru akan membuat stamina semakin melorot dan mendorong sering buang air kecil. Berhentilah! Rehat, tidur beberapa saat akan membantu mengembalikan kebugaran. Tapi, rehat yang terbaik adalah tidur pulas.
Sesuai jam biologis tubuh manusia/ Circadian Rhythm, malam diciptakan untuk rehat dan tidur bagi manusia. Seterang-terangnya lampu penerangan jalan raya (PJR) dan lampu kendaraan, tetap lebih terang matahari. Lagipula, kondisi dan situasi yang sepi memicu pemakai kendaraan terlena dan tidak waspada.
Bahaya! Kecepatan kendaraan justru harus disesuaikan dengan kondisi jalan di depan kita, perbedaan kecepatan yang cukup signifikan tidak disarankan! Jika terlalu pelan, akan membahayakan diri sendiri dan pemakai jalan lain yang berkecepatan tinggi. Bila terlalu tinggi, kendaraan akan sulit dikendalikan.
Nah, itulah 13 mitos yang selama ini dipercaya sebagai fakta oleh kita semua. Padahal kenyataannya sangat jauh dari kebenaran. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini dapat mengurangi tingkat kecelakaan di jalan tol dan membuat kita semua semakin waspada. Safety First!
Sebagai seorang trainer, tentunya saya harus menyampaikan sesuatu berdasarkan fakta. Dan kali ini, mengacu pada materi keselamatan berkendara dari Jakarta Defensive Driving Clinic (JDDC), saya akan membantu meluruskan mitos-mitos tersebut. JDDC sendiri adalah operator pelatihan keselamatan berkendara pertama dan satu-satunya di Indonesia. Berbekal itu, Alhamdulillah sampai saat ini saya sering pulang-pergi ke Bandung dengan tetap sehat wal afiat.
Berikut mitos-mitos terkait mengemudi di jalan tol disertai fakta yang akan meluruskannya:
1. Jalan tol adalah jalan bebas hambatan, pengemudi dapat melaju dengan aman;
MITOS! Faktanya:Di jalan tol Cipularang terdapat banyak rintangan, diantaranya: tikungan, tanjakan dan turunan dengan derajat ketajaman bervariasi hingga tingkat ekstrim, lintasan melengkung yang kadang tergenang air dan dorongan angin samping saat tiba di celah-celah bukit.
2. Ukuran tinggi dan besar kendaraan tidak mempengaruhi cara kita mengemudi;
MITOS! Faktanya:Semakin tinggi bentuk kendaraan maka semakin tidak stabil saat kecepatan tinggi. Semakin besar bentuk kendaraan akan mempengaruhi momentum inersia kendaraan tersebut, sehingga jarak pengereman pun semakin panjang! Haluan/ Radius putarnya pun semakin besar. Berat kendaraan juga mempengaruhi gaya melebar/ menyamping saat menikung.
3. Jarak pengereman tidak dipengaruhi bentuk dan berat kendaraan tapi ditentukan sistem pengereman kendaraan itu sendiri;
MITOS! Faktanya:Jarak pengereman ditentukan beberapa faktor, yaitu: kondisi fisik dan perilaku pengemudi, kondisi, bobot dan kecepatan kendaraan, kondisi lintasan dan cuaca.
4. Mayoritas penyebab ban pecah di jalan tol akibat tekanan angin berlebih (over pressure)
MITOS! Faktanya:Over pressure tidak membuat ban mudah pecah namun mempengaruhi kemampuan traksi ban terhadap permukaan jalan. Pressure yang kurang dari rekomendasi pabrik juga dapat membuat bahan pada side wall/ dinding ban mengalami keletihan/ fatigue berat akibat terlalu intensnya elasitas ban menerima beban.
5. Mengemudi pada lintasan menurun dengan kecepatan tinggi tidak berbeda dengan permukaan/ lintasan datar
MITOS! Faktanya:Kecepatan tinggi saat lintasan menurun beresiko tinggi kecelakaan! Terjadi perubahan inti gravitasi dan distribusi bobot, handling kendaraan menjadi sangat sensitif. Saat kendaraan bergerak tidak sesuai keinginan pengemudi, respons terlalu spontan tanpa sempat berpikir menggunakan logika. Inilah awal petaka!
6. Karena lancar dan tidak padat, resiko kecelakaan di jalan tol lebih rendah
MITOS! Faktanya:Resiko kecelakaan justru lebih massif dan dahsyat! Pengemudi cenderung mengebut dengan kecepatan tinggi, sehingga momentum yang dihasilkan jauh lebih besar dan sulit dikendalikan.
7. Dibandingkan jalan biasa, mengemudi di jalan tol tidak perlu konsentrasi tinggi
MITOS! Faktanya:Secara umum, jalan tol itu lebar, lancar, cepat dan monoton dengan resiko kecelakaan tinggi sehingga justru memerlukan konsentrasi lebih tinggi. Kenapa? Karena situasi tersebut membuat fisik cepat letih, kewaspadaan menurun dan adrenalin tinggi untuk memacu kendaraan semakin cepat dan cepat.
8. Kecepatan kendaraan tidak mempengaruhi kestabilan kendaraan
MITOS! Faktanya:Setiap pergerakan kendaraan akan menimbulkan momentum dan gaya sentrifugal! Semakin cepat maka semakin besar momentum dan gaya sentrifugalnya, sehingga mengurangi kestabilan kendaraan dan menjadi liar (selip, understeer, oversteer, dll)
9. Saat ada masalah, tindakan pertama adalah pengereman
MITOS! Faktanya:Menghadapi masalah (selip, pecah ban, menghindari kendaraan lain) harus diawali proses analisa logika diikuti keputusan dan tindakan yang cepat dan tepat. Pengereman bukan selalu solusi, bila dilakukan di saat dan tempat yang keliru akan menimbulkan masalah baru.
10. Tidak ada perbedaan mengemudi baik dengan kecepatan tinggi maupun rendah di lintasan menikung
MITOS! Faktanya:Prinsipnya, ketika kendaraan melaju dengan kencang, kestabilannya berkurang, cenderung sensitif, sulit dikendalikan. Kurangi kecepatan sejak lintasan lurus/ sebelum mengubah arah kemudi, buat lintasan menikung selebar mungkin (tight in tight out), jangan melambat saat di tikungan dan pertahankan kecepatannya.
11. Bila letih maka kunyah permen, merokok, minum kopi, minuman berenergi atau suplemen, mengobrol dengan penumpang dan atau membuka kaca agar terkena angin
MITOS! Faktanya:Keletihan berat (Automatic Behavior Syndrom) diakibatkan antaranya oleh akumulasi kurang tidur, bekerja berlebihan dan sakit. Pada kondisi ini, kemampuan interpretasi akan menurun, logika memburuk dan kontrol tubuh berkurang. Cara-cara tersebut diatas takkan membantu banyak. Apalagi bila minum kopi dan minuman berenergi karena justru akan membuat stamina semakin melorot dan mendorong sering buang air kecil. Berhentilah! Rehat, tidur beberapa saat akan membantu mengembalikan kebugaran. Tapi, rehat yang terbaik adalah tidur pulas.
12. Perjalanan malam lebih aman karena sepi dan lampu mobil terang
MITOS! FaktanyaSesuai jam biologis tubuh manusia/ Circadian Rhythm, malam diciptakan untuk rehat dan tidur bagi manusia. Seterang-terangnya lampu penerangan jalan raya (PJR) dan lampu kendaraan, tetap lebih terang matahari. Lagipula, kondisi dan situasi yang sepi memicu pemakai kendaraan terlena dan tidak waspada.
13. Mengemudi dengan kecepatan rendah jauh lebih aman daripada kecepatan tinggi
MITOS! Faktanya:Bahaya! Kecepatan kendaraan justru harus disesuaikan dengan kondisi jalan di depan kita, perbedaan kecepatan yang cukup signifikan tidak disarankan! Jika terlalu pelan, akan membahayakan diri sendiri dan pemakai jalan lain yang berkecepatan tinggi. Bila terlalu tinggi, kendaraan akan sulit dikendalikan.
Nah, itulah 13 mitos yang selama ini dipercaya sebagai fakta oleh kita semua. Padahal kenyataannya sangat jauh dari kebenaran. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini dapat mengurangi tingkat kecelakaan di jalan tol dan membuat kita semua semakin waspada. Safety First!
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar