Obrol tanya jawab
Klik Menjadi Anggota
Anda Pengunjung ke :
Artikel Populer
-
Penulis : M Arief Pranoto, Research Associate Global Future Institute (GFI) Agaknya Politik Minyak Sejagat yang diterapkan Amerika Serikat...
-
Doa berikut ini biasanya dibaca pada saat kita sedang menghadapi masalah dan harus segera mencari penyelesaian / mengambil keputusan. Bacaan...
-
Borobudur, A UNESCO World Heritage Site, view from the northwest Kemegahan Candi Borobudur ( satellite view coordinate 7°36’28″S 110°12’...
-
Manusia Jawa Purba Pernah Mendiami Eropa Hanover, Jerman – Pecahan tulang tengkorak yang ditemukan di sebuah tambang Jerman ternyata berasal...
-
19:16 abarky No comments TRIBUNKALTENG .COM , MUARATEWEH - Tim dari TNI-AD pada April mendatang akan menggelar ekspedisi yang ...
-
ENGLISH Berburu Piramida Nusantara Sekelompok orang menelisik peradaban tinggi masa silam. Ada bukit menyimpan piramida? Type of research ...
-
wallstreetjournal.com INILAH.COM, Jakarta - Sepanjang krisis keuangan, banyak perekonomian negara telah menambah pinjaman asing pemerintah u...
-
Data sekolah negeri yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi. Data diambil dari Jaringan Pendidikan Nasional dan setiap saat bisa berubah se...
-
Sosok Hantu Terekam Kamera Ponsel di Subang Subang – Sebuah foto penampakan sosok hantu perempuan yang berbadan tinggi besar menggemparkan m...
-
Saat ini ada banyak sekali website Islami yang sekarang ada di jagat maya Indonesia. Ribuan bahkan mungkin puluhan ribu website/blog Islami ...
Blog Archive
-
▼
2011
(270)
-
▼
September
(125)
- TELEVISI BERBAYAR TIDAK HARUS MAHAL
- JADIKAN BLOG SEBAGAI 'TAMBANG' UANG
- Kapal Perang TNI AL Akan Ditambah Lagi
- UPDATE : IRAN MENGIRIM ARMADA KAPAL PERANGNYA KE P...
- PT DI Persiapkan Produksi dan Pemasaran Pesawat Am...
- Inilah Negara Pengutang Terbesar Dunia
- Inilah Negara Terkaya Dunia Saat Ini
- Pertanyaan Sederhana yang Mungkin Sulit Dijawab
- Hutan Kalimantan untuk Tebus Utang RI ke AS
- Utopia, Proyek Kota Terapung Masa Depan
- Lagi, Rongsokan Satelit Akan Hantam Bumi
- Pesawat Canggih Ini Mampu Terbang Tanpa Henti
- Profile Bandung Techno Park di IT Telkom
- Cara Membuat Background FlashDisk
- Syekh Haji Abdul Muhyi
- TENAGA METAFISIKA (AURA)
- MENGUNGKAP SIAPA SEBENARNYA IBU RATU KIDUL : MANUS...
- Ahli Syukur
- Islam Masuk ke Garut Sejak Abad 1 Hijriah
- Ciri-ciri Orang yang Ikhlas
- "Rencana Tuhan Indah Pada Waktunya"
- Kisah Penjual Tempe dan Doanya
- Menyikapi Peristiwa
- Membakar Fighting Spirit (semangat berjuang) Anda
- Bangkit Dari Keterpurukan
- Jadilah Magnet Atas Suksesmu
- Motivasi Diri Dengan Hati
- Dimanakah Makam Prabu Kian Santang?
- Foto-foto Lucu, Unik, Aneh & Gokil Di Dunia Militer
- 10 LANGKAH CERAHKAN HIDUP DENGAN MENCINTAI DIRI SE...
- 5 Pemain Muda Indonesia yang Bermain di Liga Eropa...
- 10 Lokasi Harta Karun Paling Menakjubkan & Misterius
- Cerita Misteri Keangkeran Jalan Tol Cipularang
- Kisah Mistis Tol Cipularang Tempat Kecelakaan Saif...
- 13 Mitos Mengemudi di Jalan Tol
- Cerita Seram Gulung Keloso
- Kunjungan ke Villa Seram di Daerah Bogor
- Kisah-kisah Seram seputar Kampus UI
- FOTO: Digitalisasi Manuskrip Kuno Yahudi
- Sinyal pesawat diterima LUT atau Locater User Term...
- Kumpulan Pantai-Pantai Terindah di Indonesia
- EMPAT PESAWAT INTAI NIRAWAK TNI-AU PERKUAT LANUD S...
- TINGKATKAN PERSENJATAAN TNI, KEMHAN MEMBUAT BEBERA...
- TANPA PERJANJIAN DCA INDONESIA BISA PULANGKAN KORU...
- IRAN BERENCANA KIRIM KAPAL PERANG DEKAT PERAIRAN T...
- Russia to deploy 2nd Yars ballistic missile regime...
- Indonesia-Thailand sepakat tingkatkan kerja sama m...
- Produksi Massal Rudal Cruise Baru Iran Membuat Med...
- Paskhas dan Paskau Gagalkan Pembajakan Pesawat
- Iran Berencana Bangun Kapal Induk
- RUSIA LAKUKAN KERJA SAMA DENGAN PINDAD
- Iran Berencana Bangun Kapal Induk
- RI SIAP TERIMA ALIH TEKNOLOGI ALUTSISTA
- TELKOM SIAPKAN STRATEGI GARAP GAME ONLINE
- MENKOMINFO: GOOGLE SERIUS INVESTASI DI INDONESIA
- BEGINI CARA PETANI JOMBANG AKALI SAWAH AGAR PANEN ...
- SATELIT TELKOM-3 DILUNCURKAN TRIWULAN I 2012
- TELKOM MULAI BANGUN SERAT OPTIK RING VI
- STASIUN PELUNCUR SATELIT LAPAN TIDAK GANGGU CAGAR ...
- JEMBATAN SELAT SUNDA DIBANGUN 10 TAHUN
- Penjualan Batik Tembus Rp1 Triliun
- 10 Negara Dengan Masalah Pengangguran (I)
- Kekuatan Canting Hempaskan Batik China
- Okto Resmi Gabung Persiram Raja Ampat
- 29-9-1960: Pemimpin Soviet Mengamuk di PBB
- AS Selidiki Pelanggaran Apple atas Hak Paten
- Nokia Mulai Pasarkan Ponsel Terbaru N9
- Ini Sejarah Panjang Emoticon
- IM2 Hadirkan Layanan Broadband untuk UKM
- Tips dan Trik Windows 7 lengkap
- Perintah Windows Menggunakan Kombinasi Tombol Pada...
- Kombinasi Tombol Pada Microsoft Word
- Aksa Mahmud Tarik Investasi dari Jordania ke Indon...
- Freeport Tolak Renegosiasi Kontrak dengan Pemerint...
- Bagi Taiwan, Indonesia Adalah Investasi Terbesar ke-3
- Irak Borong Belasan Pesawat F-16
- Topan Nesat Mengancam, Filipina Siapkan Evakuasi
- Israel Punya Senjata Nuklir, Kenapa Barat Diam?
- Fidel Castro Dukung Perjuangan Bangsa Palestina
- Pemilu Senat, Awal Kekalahan Sarkozy
- PBB Kaji Permohonan Mahmoud Abbas
- Tiongkok Tegur Menlu Clinton
- Bakutembak di Kashmir Tewaskan 6 Orang
- Palestina Lancarkan Gerakan Boikot Produk Israel
- Tangkap Dick Cheney, Seru Demonstran di Kanada!
- Gara-Gara Mati Lampu, Menteri Korsel Mundur
- Rezim Teroris, Suriah Tuntut PBB Hukum Israel
- Menuju Republik Baru
- PLO Ancam Sikap AS dan Mendesak Dunia Untuk Akui N...
- Ekonom UGM: Bank Nasional Tak Becus Urus Eksportir
- Dunia Mendukung Palestina Merdeka
- Israel Kembali Bangun Pemukiman, Barat Marah
- Apa Peran Sat-81, Denjaka & Denbravo TNI Melawan T...
- Intelijen Harus Kuat, Tapi Tak Boleh Main Culik Lagi
- Iran Akan Kirim Kapal Perang ke Perairan AS
- Survei: Konsumen Pilih TV 3D Ketimbang HDTV
- Separuh Pengguna Smartphone Gunakan Android
- Singapura, Negara Konsumen Facebook Terbesar
- NASA Siapkan Taksi Luar Angkasa
- Akhir Tahun, Telkom Bangun Serat Optick Manado-Papua
-
▼
September
(125)
Diberdayakan oleh Blogger.
Label
- Berita Dalam Negeri (35)
- BERITA ISLAM (13)
- Berita Mancanegara (43)
- Bisnis (13)
- Download (1)
- Horor (8)
- INFORMASI SEPUTAR BULAN RAMADHAN (21)
- KUMPULAN DOA-DOA (20)
- Lucu - Lucu dan Unik (19)
- militer dunia (40)
- MOTIVASI (19)
- Olah Raga (6)
- Pendidikan (1)
- Pengetahuan (42)
- ROHANI (1)
- Sains Teknologi (59)
- sejarah (18)
- SEJARAH ISLAM (6)
- SMS IDUL FITRI atau LEBARAN 1432 M 2011 (10)
- TAUSHIYAH / CERAMAH (13)
- Tips n Trik (7)
- Universitas (2)
- Wisata (5)
Blog Archive
-
▼
2011
(270)
-
▼
September
(125)
- TELEVISI BERBAYAR TIDAK HARUS MAHAL
- JADIKAN BLOG SEBAGAI 'TAMBANG' UANG
- Kapal Perang TNI AL Akan Ditambah Lagi
- UPDATE : IRAN MENGIRIM ARMADA KAPAL PERANGNYA KE P...
- PT DI Persiapkan Produksi dan Pemasaran Pesawat Am...
- Inilah Negara Pengutang Terbesar Dunia
- Inilah Negara Terkaya Dunia Saat Ini
- Pertanyaan Sederhana yang Mungkin Sulit Dijawab
- Hutan Kalimantan untuk Tebus Utang RI ke AS
- Utopia, Proyek Kota Terapung Masa Depan
- Lagi, Rongsokan Satelit Akan Hantam Bumi
- Pesawat Canggih Ini Mampu Terbang Tanpa Henti
- Profile Bandung Techno Park di IT Telkom
- Cara Membuat Background FlashDisk
- Syekh Haji Abdul Muhyi
- TENAGA METAFISIKA (AURA)
- MENGUNGKAP SIAPA SEBENARNYA IBU RATU KIDUL : MANUS...
- Ahli Syukur
- Islam Masuk ke Garut Sejak Abad 1 Hijriah
- Ciri-ciri Orang yang Ikhlas
- "Rencana Tuhan Indah Pada Waktunya"
- Kisah Penjual Tempe dan Doanya
- Menyikapi Peristiwa
- Membakar Fighting Spirit (semangat berjuang) Anda
- Bangkit Dari Keterpurukan
- Jadilah Magnet Atas Suksesmu
- Motivasi Diri Dengan Hati
- Dimanakah Makam Prabu Kian Santang?
- Foto-foto Lucu, Unik, Aneh & Gokil Di Dunia Militer
- 10 LANGKAH CERAHKAN HIDUP DENGAN MENCINTAI DIRI SE...
- 5 Pemain Muda Indonesia yang Bermain di Liga Eropa...
- 10 Lokasi Harta Karun Paling Menakjubkan & Misterius
- Cerita Misteri Keangkeran Jalan Tol Cipularang
- Kisah Mistis Tol Cipularang Tempat Kecelakaan Saif...
- 13 Mitos Mengemudi di Jalan Tol
- Cerita Seram Gulung Keloso
- Kunjungan ke Villa Seram di Daerah Bogor
- Kisah-kisah Seram seputar Kampus UI
- FOTO: Digitalisasi Manuskrip Kuno Yahudi
- Sinyal pesawat diterima LUT atau Locater User Term...
- Kumpulan Pantai-Pantai Terindah di Indonesia
- EMPAT PESAWAT INTAI NIRAWAK TNI-AU PERKUAT LANUD S...
- TINGKATKAN PERSENJATAAN TNI, KEMHAN MEMBUAT BEBERA...
- TANPA PERJANJIAN DCA INDONESIA BISA PULANGKAN KORU...
- IRAN BERENCANA KIRIM KAPAL PERANG DEKAT PERAIRAN T...
- Russia to deploy 2nd Yars ballistic missile regime...
- Indonesia-Thailand sepakat tingkatkan kerja sama m...
- Produksi Massal Rudal Cruise Baru Iran Membuat Med...
- Paskhas dan Paskau Gagalkan Pembajakan Pesawat
- Iran Berencana Bangun Kapal Induk
- RUSIA LAKUKAN KERJA SAMA DENGAN PINDAD
- Iran Berencana Bangun Kapal Induk
- RI SIAP TERIMA ALIH TEKNOLOGI ALUTSISTA
- TELKOM SIAPKAN STRATEGI GARAP GAME ONLINE
- MENKOMINFO: GOOGLE SERIUS INVESTASI DI INDONESIA
- BEGINI CARA PETANI JOMBANG AKALI SAWAH AGAR PANEN ...
- SATELIT TELKOM-3 DILUNCURKAN TRIWULAN I 2012
- TELKOM MULAI BANGUN SERAT OPTIK RING VI
- STASIUN PELUNCUR SATELIT LAPAN TIDAK GANGGU CAGAR ...
- JEMBATAN SELAT SUNDA DIBANGUN 10 TAHUN
- Penjualan Batik Tembus Rp1 Triliun
- 10 Negara Dengan Masalah Pengangguran (I)
- Kekuatan Canting Hempaskan Batik China
- Okto Resmi Gabung Persiram Raja Ampat
- 29-9-1960: Pemimpin Soviet Mengamuk di PBB
- AS Selidiki Pelanggaran Apple atas Hak Paten
- Nokia Mulai Pasarkan Ponsel Terbaru N9
- Ini Sejarah Panjang Emoticon
- IM2 Hadirkan Layanan Broadband untuk UKM
- Tips dan Trik Windows 7 lengkap
- Perintah Windows Menggunakan Kombinasi Tombol Pada...
- Kombinasi Tombol Pada Microsoft Word
- Aksa Mahmud Tarik Investasi dari Jordania ke Indon...
- Freeport Tolak Renegosiasi Kontrak dengan Pemerint...
- Bagi Taiwan, Indonesia Adalah Investasi Terbesar ke-3
- Irak Borong Belasan Pesawat F-16
- Topan Nesat Mengancam, Filipina Siapkan Evakuasi
- Israel Punya Senjata Nuklir, Kenapa Barat Diam?
- Fidel Castro Dukung Perjuangan Bangsa Palestina
- Pemilu Senat, Awal Kekalahan Sarkozy
- PBB Kaji Permohonan Mahmoud Abbas
- Tiongkok Tegur Menlu Clinton
- Bakutembak di Kashmir Tewaskan 6 Orang
- Palestina Lancarkan Gerakan Boikot Produk Israel
- Tangkap Dick Cheney, Seru Demonstran di Kanada!
- Gara-Gara Mati Lampu, Menteri Korsel Mundur
- Rezim Teroris, Suriah Tuntut PBB Hukum Israel
- Menuju Republik Baru
- PLO Ancam Sikap AS dan Mendesak Dunia Untuk Akui N...
- Ekonom UGM: Bank Nasional Tak Becus Urus Eksportir
- Dunia Mendukung Palestina Merdeka
- Israel Kembali Bangun Pemukiman, Barat Marah
- Apa Peran Sat-81, Denjaka & Denbravo TNI Melawan T...
- Intelijen Harus Kuat, Tapi Tak Boleh Main Culik Lagi
- Iran Akan Kirim Kapal Perang ke Perairan AS
- Survei: Konsumen Pilih TV 3D Ketimbang HDTV
- Separuh Pengguna Smartphone Gunakan Android
- Singapura, Negara Konsumen Facebook Terbesar
- NASA Siapkan Taksi Luar Angkasa
- Akhir Tahun, Telkom Bangun Serat Optick Manado-Papua
-
▼
September
(125)
Recent Coment
Feedjit
TITTLE PAVICON
Mengenai Saya
- Khamiel Roesdi Princealways Exellent
- Live is the maximum in all that they.♂♀♂
JEMBATAN SELAT SUNDA DIBANGUN 10 TAHUN
Jembatan Selat Sunda (Sunda Strait Bridge Project). (SSBP-)
Jakarta (ANTARA News) - Pembangunan Jembatan Selat Sunda diperkirakan akan menghabiskan waktu selama 10 tahun.
"Normalnya dibutuhkan waktu sekitar 10 tahun untuk pembangunan Jembatan Selat Sunda," kata perencana pembangunan Jembatan Selat Sunda, Wiratman Wangsadinata di Jakarta, Rabu.
Wuratman Wangsadinata dianugerahi gelar Perekayasa Utama Kehormatan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) atas jasa-jasanya dalam bidang konstruksi.
Pada sidang terbuka Majelis Perekayasa, Wiratman memaparkan pradesain Jembatan Selat Sunda sebagai bagian dari prasudi kelayakan yang telah diselesaikan oleh Wiratman dan Associates atas penugasan dari PT Bangungraha Sejahtera Mulia-Artha Graha Network dan secara resmi telah diserahkan oleh Pemerintah Daerah Banten dan Pemerintah Daerah Lampung pada Pemerintah Pusat pada 13 Agustus 2009.
Total biaya pembangunan dengan menggunakan standar harga pada 2009 diperkirakan mencapai sembilan miliar dolar AS.
Biaya tersebut, dikatakan Wiratman belum memperhitungkan eskalasi harga, bunga bank serta tidak termasuk biaya untuk pengembangan wilayah Selat Sunda.
Rencana pembangunan jembatan Selat Sunda sepanjang sekitar 29 km akan terhubung dengan jalan tol Jakarta-Merak serta rencana jalan tol Cilegon-Ciwandan sepanjang 14 km dan rencana jalan tol Bakauheni-Bandar Lampung-Metro sepanjang sekitar 80 km.
Konsep Jembatan Selat Sunda terdiri atas dua jenis sistem yaitu jembatan gantung ultrapanjang dari baja untuk melangkahi palung-palung lebar dan Viaduct beton pracetak balanced cantilever untuk lintasan selebihnya.
Wiratman menjelaskan, jembatan viaduct beton dipilih karena bahan dasarnya dapat diproduksi di dalam negeri seperti agregat, semen, baja tulangan. Sedangkan kontruksinya tidak memerlukan teknologi yang tinggi serta akan menyerap tenaga kera lokal dalam jumlah yang sangat besar sehingga sangat berdampak terhadap perkembangan ekonomi lokal maupun regional.
Jembatan Selat Sunda direncanakan memiliki ruang bebas vertikal 85 meter di atas permukaan laut tertinggi agar lebih tinggi dari tinggi udara terbesar serta memperhitungkan efek kenaikan elevasi air laut akibat pemanasan global.
Sementara bebas horizontal jembatan gantung Selat Sunda adalah 2.100 m sehingga memenuhi persyaratan lalu lintas kapal bebas satu arah.
Desain struktur atas jembatan mengacu pada desain jembatan Selat Messina yang memiliki bentang 3.300 m, sedangkan desain stuktur bawahnya mengacu pada desain jembatan Akashi Kaikyo di Jepang yang memiliki bentang 1.991 m.
Direncanakan juga jembatan Selat Sunda memiliki lebar total 60 m terdiri atas tiga lajur lalu lintas masing-masing arah selebar 3x3,75 m, dua lintasan kereta api selebar 10 m, lajur pemeliharaan masing-masing selebar 5,05 m.
Analisis beban angin yang harus diwaspadai adalah gejala flutter (aero elastic instability) yang terjadi apabila ragam getar vertikal berimpit dengan ragam rotasional sehingga saling membesar.
"Contoh gejala flutter adalah keruntuhan jembatan Tacoma Narrows (Amerika Serikat, red) oleh angin dengan kecepatan hanya 60 km/jam pada 1940. Kita belajar banyak dari peristiwa itu agar tidak terulang lagi," katanya.
Jembatan Selat Sunda yang mempunyai jenis dek yang sama dengan Jembatan Selat Messina tetapi dengan bentang yang lebih pendek paling tidak akan mempunyai kecepatan flutter yang sama yaitu 324 km/jam.
"Kecepatan angin seperti ini belum pernah dan tidak pernah terjadi di Selat Sunda, berarti jembatan Selat Sunda dapat dianggap bebas flutter," tambahnya.
Sementara analisis terhadap gempa dan pengaruh letusan Gunung Anak Krakatau karena jaraknya ke jembatan yang besar hampir 50 km, pengaruh gempa vulkanik tidak signifikan.
Sedangkan tsunami yang mungkin terjadi tidak membahayakan jembatan karena ketinggian gelombang tidak lebih dari tinggi ruang bebas vertikal yaitu 85 m di atas permukaan laut tertinggi.
"Dari hasil pra-desain jembatan Selat Sunda, terlihat konfigurasi jembatan dan dimensi penampang yang dipilih sudah cukup baik, hal itu dibuktikan dengan performa jembatan yang memadai akibat beban seperti beban mati jembatan, beban rel kereta, beban lalu lintas menunjukkan respon yang baik terhadap efek angin maupun gempa," kata Wiratman.(D016)
• ANTARAnews
TEMPO Interaktif, Jakarta - Insinyur perancang Jembatan Selat Sunda, Wiratman Wangsadinata, meraih gelar Perekayasa Utama Kehormatan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Ia bergabung dengan empat penerima kehormatan lainnya, yaitu Emil Salim, Ciputra, Rahmat Gobel, dan Arifin Panigoro.
Wiratman adalah tokoh besar dalam bidang rekayasa teknik sipil. Beberapa karya monumental yang pernah ia hasilkan adalah gedung Wisma Nusantara, Wisma Dharmala, Bakrie Tower, terowongan Dukuh Atas, Jembatan Rajamandala, dan restorasi Candi Borobudur.
Dalam penganugerahan tahun ini, Majelis Perekayasa telah memilih 13 kandidat penerima gelar kehormatan tersebut. Nama Wiratman mencuat pada akhir pemilihan karena dinilai telah paripurna menjalankan tahapan rekayasa, yaitu penelitian, pengembangan, perekayasaan, dan pengoperasian.
"Beliau merupakan engineer, insinyur, dan wirausahawan yang dihormati," ujar Kepala BPPT Marzan A. Iskandar pada pidato penganugerahan di gedung BPPT, Jakarta, kemarin.
Di usianya yang ke-76, Wiratman masih aktif menjalankan kegiatan perancangan sipil. Pada 2009, rancangan Jembatan Selat Sunda disodorkan kepada pemerintah. Jembatan itu menghubungkan Provinsi Banten dengan Lampung.
"Harapannya pembangunan jembatan mulai 2014," ujar Wiratman kepada wartawan.
[l ANTON WILLIAM]
Jakarta (ANTARA News) - Pembangunan Jembatan Selat Sunda diperkirakan akan menghabiskan waktu selama 10 tahun.
"Normalnya dibutuhkan waktu sekitar 10 tahun untuk pembangunan Jembatan Selat Sunda," kata perencana pembangunan Jembatan Selat Sunda, Wiratman Wangsadinata di Jakarta, Rabu.
Wuratman Wangsadinata dianugerahi gelar Perekayasa Utama Kehormatan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) atas jasa-jasanya dalam bidang konstruksi.
Pada sidang terbuka Majelis Perekayasa, Wiratman memaparkan pradesain Jembatan Selat Sunda sebagai bagian dari prasudi kelayakan yang telah diselesaikan oleh Wiratman dan Associates atas penugasan dari PT Bangungraha Sejahtera Mulia-Artha Graha Network dan secara resmi telah diserahkan oleh Pemerintah Daerah Banten dan Pemerintah Daerah Lampung pada Pemerintah Pusat pada 13 Agustus 2009.
Total biaya pembangunan dengan menggunakan standar harga pada 2009 diperkirakan mencapai sembilan miliar dolar AS.
Biaya tersebut, dikatakan Wiratman belum memperhitungkan eskalasi harga, bunga bank serta tidak termasuk biaya untuk pengembangan wilayah Selat Sunda.
Rencana pembangunan jembatan Selat Sunda sepanjang sekitar 29 km akan terhubung dengan jalan tol Jakarta-Merak serta rencana jalan tol Cilegon-Ciwandan sepanjang 14 km dan rencana jalan tol Bakauheni-Bandar Lampung-Metro sepanjang sekitar 80 km.
Konsep Jembatan Selat Sunda terdiri atas dua jenis sistem yaitu jembatan gantung ultrapanjang dari baja untuk melangkahi palung-palung lebar dan Viaduct beton pracetak balanced cantilever untuk lintasan selebihnya.
Wiratman menjelaskan, jembatan viaduct beton dipilih karena bahan dasarnya dapat diproduksi di dalam negeri seperti agregat, semen, baja tulangan. Sedangkan kontruksinya tidak memerlukan teknologi yang tinggi serta akan menyerap tenaga kera lokal dalam jumlah yang sangat besar sehingga sangat berdampak terhadap perkembangan ekonomi lokal maupun regional.
Jembatan Selat Sunda direncanakan memiliki ruang bebas vertikal 85 meter di atas permukaan laut tertinggi agar lebih tinggi dari tinggi udara terbesar serta memperhitungkan efek kenaikan elevasi air laut akibat pemanasan global.
Sementara bebas horizontal jembatan gantung Selat Sunda adalah 2.100 m sehingga memenuhi persyaratan lalu lintas kapal bebas satu arah.
Desain struktur atas jembatan mengacu pada desain jembatan Selat Messina yang memiliki bentang 3.300 m, sedangkan desain stuktur bawahnya mengacu pada desain jembatan Akashi Kaikyo di Jepang yang memiliki bentang 1.991 m.
Direncanakan juga jembatan Selat Sunda memiliki lebar total 60 m terdiri atas tiga lajur lalu lintas masing-masing arah selebar 3x3,75 m, dua lintasan kereta api selebar 10 m, lajur pemeliharaan masing-masing selebar 5,05 m.
Analisis beban angin yang harus diwaspadai adalah gejala flutter (aero elastic instability) yang terjadi apabila ragam getar vertikal berimpit dengan ragam rotasional sehingga saling membesar.
"Contoh gejala flutter adalah keruntuhan jembatan Tacoma Narrows (Amerika Serikat, red) oleh angin dengan kecepatan hanya 60 km/jam pada 1940. Kita belajar banyak dari peristiwa itu agar tidak terulang lagi," katanya.
Jembatan Selat Sunda yang mempunyai jenis dek yang sama dengan Jembatan Selat Messina tetapi dengan bentang yang lebih pendek paling tidak akan mempunyai kecepatan flutter yang sama yaitu 324 km/jam.
"Kecepatan angin seperti ini belum pernah dan tidak pernah terjadi di Selat Sunda, berarti jembatan Selat Sunda dapat dianggap bebas flutter," tambahnya.
Sementara analisis terhadap gempa dan pengaruh letusan Gunung Anak Krakatau karena jaraknya ke jembatan yang besar hampir 50 km, pengaruh gempa vulkanik tidak signifikan.
Sedangkan tsunami yang mungkin terjadi tidak membahayakan jembatan karena ketinggian gelombang tidak lebih dari tinggi ruang bebas vertikal yaitu 85 m di atas permukaan laut tertinggi.
"Dari hasil pra-desain jembatan Selat Sunda, terlihat konfigurasi jembatan dan dimensi penampang yang dipilih sudah cukup baik, hal itu dibuktikan dengan performa jembatan yang memadai akibat beban seperti beban mati jembatan, beban rel kereta, beban lalu lintas menunjukkan respon yang baik terhadap efek angin maupun gempa," kata Wiratman.(D016)
• ANTARAnews
BPPT Beri Penghargaan untuk Perancang Jembatan Selat Sunda
TEMPO Interaktif, Jakarta - Insinyur perancang Jembatan Selat Sunda, Wiratman Wangsadinata, meraih gelar Perekayasa Utama Kehormatan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Ia bergabung dengan empat penerima kehormatan lainnya, yaitu Emil Salim, Ciputra, Rahmat Gobel, dan Arifin Panigoro.
Wiratman adalah tokoh besar dalam bidang rekayasa teknik sipil. Beberapa karya monumental yang pernah ia hasilkan adalah gedung Wisma Nusantara, Wisma Dharmala, Bakrie Tower, terowongan Dukuh Atas, Jembatan Rajamandala, dan restorasi Candi Borobudur.
Dalam penganugerahan tahun ini, Majelis Perekayasa telah memilih 13 kandidat penerima gelar kehormatan tersebut. Nama Wiratman mencuat pada akhir pemilihan karena dinilai telah paripurna menjalankan tahapan rekayasa, yaitu penelitian, pengembangan, perekayasaan, dan pengoperasian.
"Beliau merupakan engineer, insinyur, dan wirausahawan yang dihormati," ujar Kepala BPPT Marzan A. Iskandar pada pidato penganugerahan di gedung BPPT, Jakarta, kemarin.
Di usianya yang ke-76, Wiratman masih aktif menjalankan kegiatan perancangan sipil. Pada 2009, rancangan Jembatan Selat Sunda disodorkan kepada pemerintah. Jembatan itu menghubungkan Provinsi Banten dengan Lampung.
"Harapannya pembangunan jembatan mulai 2014," ujar Wiratman kepada wartawan.
[l ANTON WILLIAM]
Label:
Berita Dalam Negeri,
Sains Teknologi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar